Perbedaan dan Persamaan Kurikulum 2006 (KTSP) Terhadap Kurikulum 2013
Oleh : Sunardi,S.Pd.
Widyaiswara Muda
A. Pengertian Kurikulum
Kurikulum adalah perangkat pendidikan yang merupakan jawaban
terhadap kebutuhan dan tantangan masyarakat. Secara etimologis, kurikulum
merupakan tejemahan dari kata curriculum dalam bahasa Inggris, yang
berarti rencana pelajaran. Curriculum berasal dari bahasa latin currere
yang berarti berlari cepat, maju dengan cepat, menjalani dan berusaha.
Banyak defenisi kurikulum yang pernah dikemukakan para ahli. Defenisi-defenisi
tersebut bersifat operasioanl dan sangat membantu proses pengembangan kurikulum
tetapi pengertian yang diajukan tidak pernah lengkap. Ada ahli yang
mengungkapkan bahwa kurikulum adalah pernyataan mengenai tujuan (MacDonald;
Popham), ada juga yang mengemukakan bahwa kurikulum adalah suatu rencana
tertulis (Tanner, 1980).
Secara semantik, kurikulum
senantiasa terkait dengan kegiatan pendidikan. Kurikulum sebagai jembatan
untuk mendapatkan ijasah. Secara konseptual, kurikulum adalah perangkat
pendidikan yang merupakan jawaban terhadap kebutuhan dan tantangan masyarakat
(Olivia, 1997:60). Pengertian kurikulum ini sangat fundamental
dan menggambarkan posisi sesungguhnya kurikulum dalam suatu proses pendidikan.
Dalam sejarah kurikulum Indonesia telah berulang kali melakukan penggantian
kurikulum seperti
- Tahun 1947-Leer Plan (Rencana Pelajaran),
- Tahun 1952-Rencana Pelajaran Terurai,
- Tahun 1964-Rentjana Pendidikan,
- Tahun 1968-Kurikulum 1968,
- Tahun 1975-Kurikulum 1975,
- Tahun 1984-Kurikulum 1984,
- Tahun 1994 dan 1999-Kurikulum 1994 dan Suplemen Kurikulum 1999,
- Tahun 2004-Kurikulum Berbasis Kompetensi,
- Tahun 2006-Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,
- Tahun 2013-Kurikulum 2013.
Berikut ini beberapa pengertian
kurikulum yang dikemukakan oleh para ahli:
- Pengertian Kurikulum Menurut Kerr, J. F (1968): Kurikulum adalah semua pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan secara individu ataupun secara kelompok, baik di sekolah maupun di luar sekolah.
- Pengertian Kurikulum Menurut Inlow (1966): Kurikulum adalah usaha menyeluruh yang dirancang oleh pihak sekolah untuk membimbing murid memperoleh hasil pembelajaran yang sudah ditentukan.
- Pengertian Kurikulum Menurut Neagley dan Evans (1967): kurikulum adalah semua pengalaman yang dirancang dan dikemukakan oleh pihak sekolah.
- Pengertian Kurikulum Menurut Beauchamp (1968): Kurikulum adalah dokumen tertulis yang mengandung isi mata pelajaran yang diajar kepada peserta didik melalui berbagai mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu, rumusan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
- Pengertian Kurikulum Menurut Good V. Carter (1973): Kurikulum adalah kumpulan kursus ataupun urutan pelajaran yang sistematik.
- Pengertian Kurikulum Menurut UU No. 20 Tahun 2003: Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
B. Perbandingan
Antara Kurikulum Tahun 2006 (KTSP) dan Kurikulum
2013
Berikut
perbandingan antara kurikulum tahun 2006 dan 2013:
NO
|
Dilihat
dari segi
|
Kurikulum
tahun 2006
|
Kurikulum
tahun 2013
|
1.
|
Kompetensi lulusan
|
v Belum sepenuhnya menekankan pendidikan karakter
v Belum menghasilkan Keterampilan sesuai kebutuhan
v Pengetahuan-pengetahuan lepas
|
v Berkarakter mulia
v Keterampilan yang relevan
v Pengetahuan-pengetahuan terkait
|
2.
|
Materi Pembelajaran
|
v Belum sepenuhnya menekankan pendidikan karakter
v Belum menghasilkan keterampilan sesuai kebutuhan
v Pengetahuan-pengetahuan lepas
|
v Relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan
v Materi esensial
sesuai dengan tingkat perkembangan
anak
|
3.
|
Proses Pembelajaran
|
v Belum relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan
v Beban belajar terlalu berat
v Terlalu luas, kurang mendalam
|
v Berpusat pada peserta didik (student centered
active learning)
v Sifat pembelajaran yang kontekstual
v Buku teks memuat materi dan proses pembelajaran, sistem
penilaian
|
4.
|
Penilaian
|
v Menekankan aspek kognitif
v Test menjadi cara penilaian yang dominan
|
v Menekankan aspek kognitif, afektif, psikomotorik secara
proporsional
v Penilaian test dan portofolio saling melengkapi
|
5.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
v diturunkan dari Standar
Isi
|
v diturunkan dari kebutuhan
v masyarakat
|
6
|
Struktur Mata Pelajaran
|
v pembentuk keterampilan, dan pembentuk pengetahuan
|
v Semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap
pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan
|
7.
|
Standar
Isi
|
v diturunkan
dari Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran
|
v diturunkan
dari Standar
Kompetensi
Lulusan Mata Pelajaran
|
8
|
Pengelolaan kurikulum
|
v Satuan pendidikan mempunyai kebebasan
dalam pengelolaan kurikulum
v Masih terdapat kecenderungan satuan pendidikan menyusun
kurikulum tanpa mempertimbangkan kondisi satuan pendidikan, kebutuhan peserta
didik, dan potensi daerah
v Pemerintah hanya menyiapkan sampai standar isi mata
pelajaran
|
v Pemerintah Pusat dan Daerah memiliki kendali kualitas
dalam pelaksanaan kurikulum di tingkat satuan pendidikan.
v Satuan pendidikan mampu menyusun kurikulum dengan
mempertimbangkan kondisi satuan pendidikan, kebutuhan peserta didik, dan
potensi daerah
v Pemerintah menyiapkan semua komponen kurikulum
sampai buku teks dan pedoman
|
9
|
Pengembangan
Kurikulum
|
v Pengembangan kurikulum sampai pada komptensi dasar
|
v Pengembangan kurikulum sampai pada buku teks dan buku pedoman
guru
|
Dibawah Ini Materi Muatan Kurikulum SD, SMP,
SMA dengan membandingkan Struktrur Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013:
Materi Muatan SD
No
|
Komponen
|
Kurikulum KTSP
|
Kurikulum 2013
|
||||||||||
Kelas
|
Kelas
|
||||||||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
1
|
Pend.
Agama
|
Pendekatan
TEMATIK
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
||
2
|
Pend.
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
5
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
|||
3
|
Bahasa
Indonesia
|
5
|
5
|
5
|
8
|
8
|
10
|
10
|
10
|
10
|
|||
4
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
5
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
|||
5
|
IPA
|
4
|
4
|
4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|||
6
|
IPS
|
3
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|||
7
|
Seni
Budaya & Keterampilan
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
6
|
6
|
6
|
|||
8
|
Pend.
Jasmani, OR, & Kes.
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|||
9
|
Muatan
Lokal
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|||
10
|
Pengembangan
Diri
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|||
JUMLAH
|
26
|
27
|
28
|
32
|
32
|
30
|
32
|
34
|
36
|
36
|
36
|
36
|
Materi Muatan SMP
Struktur
Kurikulum 2006
|
Struktur
Kurikulum 2013
|
Materi Muatan SMA
Struktur Kurikulum 2006
Kelas X
KOMPONEN
|
Alokasi Waktu
|
|
Semester I
|
Semester II
|
|
Mata Pelajaran
|
||
1. Pendidikan Agama
|
2
|
2
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4. Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
5. Matematika
|
4
|
4
|
6. Fisika
|
2
|
2
|
7. Biologi
|
2
|
2
|
8. Kimia
|
2
|
2
|
9. Sejarah
|
1
|
1
|
10. Geografi
|
1
|
1
|
11. Ekonomi
|
2
|
2
|
12. Sosiologi
|
2
|
2
|
13. Seni Budaya
|
2
|
2
|
14. Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
|
2
|
2
|
15. Teknologi Informasi dan
Komunikasi
|
2
|
2
|
16. Keterampilan / Bahasa Asing
|
2
|
2
|
B. Muata Lokal
|
2
|
2
|
C. Pengembangan Diri
|
2*)
|
2*)
|
Jumlah
|
42
|
42
|
Kelas XI dan XII Program IPA
KOMPONEN
|
Alokasi Waktu
|
|||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
|
Mata Pelajaran
|
||||
1. Pendidikan Agama
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4. Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
5. Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
6. Fisika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
7. Biologi
|
4
|
4
|
4
|
4
|
8. Kimia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
9. Sejarah
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10. Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
11. Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
12. Teknologi Informasi dan
Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
13. Keterampilan / Bahasa Asing
|
2
|
2
|
2
|
2
|
B. Muata Lokal
|
2
|
2
|
2
|
2
|
C. Pengembangan Diri
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
Jumlah
|
39
|
39
|
39
|
39
|
Kelas XI dan XII Program IPS
KOMPONEN
|
Alokasi Waktu
|
|||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
|
Mata Pelajaran
|
||||
1. Pendidikan Agama
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4. Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
5. Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
6. Geografi
|
3
|
3
|
3
|
3
|
7. Ekonomi
|
4
|
4
|
4
|
4
|
8. Sosiologi
|
3
|
3
|
3
|
3
|
9. Sejarah
|
3
|
3
|
3
|
3
|
10. Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
11. Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
12. Teknologi Informasi dan
Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
13. Keterampilan / Bahasa Asing
|
2
|
2
|
2
|
2
|
B. Muata Lokal
|
2
|
2
|
2
|
2
|
C. Pengembangan Diri
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
Jumlah
|
39
|
39
|
39
|
39
|
Kelas XI dan XII Program Bahasa
KOMPONEN
|
Alokasi Waktu
|
|||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
|
Mata Pelajaran
|
||||
1. Pendidikan Agama
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
5
|
5
|
5
|
5
|
4. Bahasa Inggris
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5. Matematika
|
3
|
3
|
3
|
3
|
6. Sastra Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
7. Bahasa Asing
|
4
|
4
|
4
|
4
|
8. Antropologi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
9. Sejarah
|
3
|
3
|
3
|
3
|
10. Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
11. Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
12. Teknologi Informasi dan
Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
13. Keterampilan / Bahasa Asing
|
2
|
2
|
2
|
2
|
B. Muata Lokal
|
2
|
2
|
2
|
2
|
C. Pengembangan Diri
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
Jumlah
|
39
|
39
|
39
|
39
|
Materi Muatan SMA
Struktur Kurikulum 2013
Mata Pelajaran
|
Alokasi Waktu Belajar
|
||
X
|
XI
|
XII
|
|
Kelompok A (Wajib)
|
|||
1. Pendidikan Agama dan Budi
Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
2. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4. Matematika
|
4
|
4
|
4
|
5. Sejarah Indonesia
|
2
|
2
|
2
|
6. Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
Kelompok B (Wajib)
|
|||
7. Seni Budaya (termasuk muata
lokal)
|
2
|
2
|
2
|
8. Pendidikan Jasmani, OR dan
Kesehatan (termasuk muata lokal)
|
3
|
3
|
3
|
9. Prakarya dan Kewirausahan
(termasuk muata lokal)
|
2
|
2
|
2
|
Jumlah Kelompok A dan B perminggu
|
24
|
24
|
24
|
Kelompok C (peminatan)
|
|||
Mata Pelajaran Peminatan Akademik
(SMA/MA)
|
18
|
20
|
20
|
Jumlah Jam Pelajaran yang harus
ditempuh perminggu
|
|||
Keterangan:
*Muata Lokal dapat memuat Bahasa
Daerah
|
Mata Pelajaran
|
Kelas
|
||||
X
|
XI
|
XII
|
|||
Kelompok A dan B (Wajib)
|
24
|
24
|
24
|
||
C. Kelompok Peminatan
|
|||||
Peminatan Matematika dan Sains
|
|||||
I
|
1
|
Matematika
|
3
|
4
|
4
|
2
|
Biologi
|
3
|
4
|
4
|
|
3
|
Fisika
|
3
|
4
|
4
|
|
4
|
Kimia
|
3
|
4
|
4
|
|
Peminatan Sosial
|
|||||
II
|
1
|
Geografi
|
3
|
4
|
4
|
2
|
Sejarah
|
3
|
4
|
4
|
|
3
|
Sosiologi & Antropologi
|
3
|
4
|
4
|
|
4
|
Ekonomi
|
3
|
4
|
4
|
|
Peminatan Bahasa
|
|||||
III
|
1
|
Bahasa dan Sastra Indonesia
|
3
|
4
|
4
|
2
|
Bahasa dan Sastra Inggris
|
3
|
4
|
4
|
|
3
|
Bahasa dan Sastra Asing Lainnya
|
3
|
4
|
4
|
|
4
|
Antropologi
|
3
|
4
|
4
|
|
Mata Pelajaran Pilihan dan
Pendalaman
|
|||||
Pilihan Lintas Minat dan/atau
Pendalaman Minat
|
6
|
4
|
4
|
||
Jumlah Jam Pelajaran yang Tersedia
per minggu
|
66
|
76
|
76
|
||
Jumlah Jam Pelajaran yang harus
Ditempuh
|
42
|
44
|
4
|
C. Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013
1.
Kelebihan Kurikulum 2006 (KTSP)
v Mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan
v Mendorong para guru, kepala sekolah,
dan pihak manajemen sekolah untuk semakin meningkatkan kreativitasnya dalam
penyelenggaraan program-program pendidikan.
v Guru sebagai fasilitator yang
bertugas mengkondisikan lingkungan untuk memberikan kemudahan belajar siswa.
2.
Kekurangan Kurikulum 2006
v Kurangnnya SDM yang diharapkan mampu menjabarkan KTSP pada kebanyakan satuan pendidikan yang ada.
v Minimnya kualitas guru dan sekolah.
v Kurangnya ketersediaan sarana dan
prasarana pendukung sebagai kelengkapan dari pelaksanaan KTSP
v Masih banyak guru yang belum
memahami KTSP secara komprehensif baik kosepnya, penyusunannya,maupun
prakteknya di lapangan
3.
Kelebihan Kurikulum 2013:
v Mendorong siswa kreatif dan inovatif
serga pendidikan karakter yang terintegrasi menjadi satu.
v Guru juga dipacu kemampuannya
melalui pelatihan-pelatihan dan pendidikan. calon guru untuk meningkatkan
kecakapan profesionalisme secara terus menerus.
v Dapat mengikuti dan menyesuaikan
dengan perubahan faktor-faktor yang melandasinya, baik filosofis, psikologis,
sosiologis, IPTEK dan faktor-faktor lainnya.
4.
Kekurangan Kurikulum 2013:
Pemerintah seolah melihat semua guru dan siswa memiliki kapasitas yang sama.
Pemerintah seolah melihat semua guru dan siswa memiliki kapasitas yang sama.
Tidak adanya keseimbangan antara
orientasi proses pembelajaran dan hasil.
Kebosanan peserta didik terhadap aktivitas belajar yang semakin panjang.
Kebosanan peserta didik terhadap aktivitas belajar yang semakin panjang.
Daftar Pustaka
Tim Pengembang Ilmu
Pendidikan. 2007. Ilmu & Aplikasi Pendidikan. Bandung: IMTIMA.
http://arismunandar0003.blogspot.com/2014/03/perbedaan-dan-persamaan-kurikulum-ktsp.html
Komentar