Kamis, 18 September 2014

Perbedaan dan Persamaan Kurikulum 2006 (KTSP) Terhadap Kurikulum 2013





Oleh : Sunardi,S.Pd.
           Widyaiswara Muda 
 
     A.  Pengertian Kurikulum
Kurikulum adalah perangkat pendidikan yang merupakan jawaban terhadap kebutuhan dan tantangan masyarakat. Secara etimologis, kurikulum merupakan tejemahan dari kata curriculum dalam bahasa Inggris, yang berarti rencana pelajaran. Curriculum berasal dari bahasa latin currere yang berarti berlari cepat, maju dengan cepat, menjalani dan berusaha. Banyak defenisi kurikulum yang pernah dikemukakan para ahli. Defenisi-defenisi tersebut bersifat operasioanl dan sangat membantu proses pengembangan kurikulum tetapi pengertian yang diajukan tidak pernah lengkap. Ada ahli yang mengungkapkan bahwa kurikulum adalah pernyataan mengenai tujuan (MacDonald; Popham), ada juga yang mengemukakan bahwa kurikulum adalah suatu rencana tertulis (Tanner, 1980).

Secara semantik, kurikulum senantiasa terkait dengan kegiatan pendidikan. Kurikulum sebagai jembatan untuk mendapatkan ijasah. Secara konseptual, kurikulum adalah perangkat pendidikan yang merupakan jawaban terhadap kebutuhan dan tantangan masyarakat (Olivia, 1997:60). Pengertian kurikulum ini sangat fundamental dan menggambarkan posisi sesungguhnya kurikulum dalam suatu proses pendidikan. Dalam sejarah kurikulum Indonesia telah berulang kali melakukan penggantian kurikulum seperti 
  • Tahun 1947-Leer Plan (Rencana Pelajaran), 
  • Tahun 1952-Rencana Pelajaran Terurai, 
  • Tahun 1964-Rentjana Pendidikan, 
  • Tahun 1968-Kurikulum 1968, 
  • Tahun 1975-Kurikulum 1975, 
  • Tahun 1984-Kurikulum 1984, 
  • Tahun 1994 dan 1999-Kurikulum 1994 dan Suplemen Kurikulum 1999, 
  • Tahun 2004-Kurikulum Berbasis Kompetensi, 
  • Tahun 2006-Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, 
  • Tahun 2013-Kurikulum 2013.
Berikut ini beberapa pengertian kurikulum yang dikemukakan oleh para ahli:
  • Pengertian Kurikulum Menurut Kerr, J. F (1968): Kurikulum adalah semua pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan secara individu ataupun secara kelompok, baik di sekolah maupun di luar sekolah.
  • Pengertian Kurikulum Menurut Inlow (1966): Kurikulum adalah usaha menyeluruh yang dirancang oleh pihak sekolah untuk membimbing murid memperoleh hasil pembelajaran yang sudah ditentukan.
  • Pengertian Kurikulum Menurut Neagley dan Evans (1967): kurikulum adalah semua pengalaman yang dirancang dan dikemukakan oleh pihak sekolah.
  • Pengertian Kurikulum Menurut Beauchamp (1968): Kurikulum adalah dokumen tertulis yang mengandung isi mata pelajaran yang diajar kepada peserta didik melalui berbagai mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu, rumusan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pengertian Kurikulum Menurut Good V. Carter (1973): Kurikulum adalah kumpulan kursus ataupun urutan pelajaran yang sistematik.
  • Pengertian Kurikulum Menurut UU No. 20 Tahun 2003: Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

B.     Perbandingan Antara Kurikulum Tahun 2006 (KTSP)  dan Kurikulum  2013
Berikut perbandingan antara kurikulum tahun 2006 dan 2013:
NO
Dilihat dari segi
Kurikulum tahun 2006
Kurikulum tahun 2013



1.
Kompetensi lulusan
v  Belum sepenuhnya menekankan pendidikan karakter
v  Belum menghasilkan Keterampilan sesuai kebutuhan
v  Pengetahuan-pengetahuan lepas
v  Berkarakter mulia
v  Keterampilan yang relevan
v  Pengetahuan-pengetahuan terkait
2.
Materi Pembelajaran
v  Belum sepenuhnya menekankan pendidikan karakter
v   Belum menghasilkan keterampilan sesuai kebutuhan
v   Pengetahuan-pengetahuan lepas
v  Relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan
v  Materi esensial
sesuai dengan tingkat perkembangan anak
3.
Proses Pembelajaran
v  Belum relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan
v  Beban belajar terlalu berat
v  Terlalu luas, kurang mendalam
v  Berpusat pada peserta didik (student centered active learning)
v  Sifat pembelajaran yang kontekstual
v  Buku teks memuat materi dan proses pembelajaran, sistem penilaian
4.
Penilaian
v  Menekankan aspek kognitif
v  Test menjadi cara penilaian yang dominan
v  Menekankan aspek kognitif, afektif, psikomotorik secara proporsional
v  Penilaian test dan portofolio saling melengkapi

5.
Standar Kompetensi Lulusan

v  diturunkan dari Standar
      Isi

v  diturunkan dari kebutuhan
v  masyarakat
6
Struktur Mata Pelajaran
v  pembentuk keterampilan, dan pembentuk pengetahuan
v  Semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan

7.
Standar Isi
v  diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran

v  diturunkan dari Standar
Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran
8
Pengelolaan kurikulum
v  Satuan pendidikan mempunyai kebebasan dalam pengelolaan kurikulum
v  Masih terdapat kecenderungan satuan pendidikan menyusun kurikulum tanpa mempertimbangkan kondisi satuan pendidikan, kebutuhan peserta didik, dan potensi daerah
v  Pemerintah hanya menyiapkan sampai standar isi mata pelajaran
v  Pemerintah Pusat dan Daerah memiliki kendali kualitas dalam pelaksanaan kurikulum di tingkat satuan pendidikan.
v  Satuan pendidikan mampu menyusun kurikulum dengan mempertimbangkan kondisi satuan pendidikan, kebutuhan peserta didik, dan potensi daerah
v  Pemerintah menyiapkan semua komponen kurikulum sampai buku teks dan pedoman
9
Pengembangan
Kurikulum
v  Pengembangan kurikulum sampai pada komptensi dasar
v  Pengembangan kurikulum sampai pada buku teks dan buku pedoman guru


Dibawah Ini Materi Muatan Kurikulum SD, SMP, SMA dengan membandingkan Struktrur Kurikulum 2006  (KTSP) dan Kurikulum  2013:
Materi Muatan SD
No
Komponen
Kurikulum KTSP
Kurikulum 2013
Kelas
Kelas
I
II
III
IV
V
VI
I
II
III
IV
V
VI
1
Pend. Agama
Pendekatan
TEMATIK
3
3
3
4
4
4
4
4
4
2
Pend. Kewarganegaraan
2
2
2
5
6
6
6
6
6
3
Bahasa Indonesia
5
5
5
8
8
10
10
10
10
4
Matematika
5
5
5
5
6
6
6
6
6
5
IPA
4
4
4
-
-
-
-
-
-
6
IPS
3
3
3
-
-
-
-
-
-
7
Seni Budaya & Keterampilan
4
4
4
4
4
4
6
6
6
8
Pend. Jasmani, OR, & Kes.
4
4
4
4
4
4
4
4
4
9
Muatan Lokal
2
2
2
-
-
-
-
-
-
10
Pengembangan Diri
2
2
2
-
-
-
-
-
-
JUMLAH
26
27
28
32
32
30
32
34
36
36
36
36



Materi Muatan SMP
Struktur Kurikulum 2006
No
Komponen
Kelas
VII
VIII
XI
1
Pend. Agama
2
2
2
2
Pend. Kewarganegaraan
2
2
2
3
Bahasa Indonesia
4
4
4
4
Matematika
4
4
4
5
IPA
4
4
4
6
IPS
4
4
4
7
Bahasa Inggris
4
4
4
8
Seni Budaya
2
2
2

Pend. Jasmani, OR & Kesehatan
2
2
2
10
Keterampilan/TIK
2
2
2
11
Muata Lokal
2
2
2
12
Pengembangan Diri
2*
2*
2*

JUMLAH
34
34
34
Struktur Kurikulum 2013
No
Komponen
Kelas
VII
VIII
XI
1
Pend. Agama
3
3
3
2
Pend. Pancasila dan Kewarganegaraan
3
3
3
3
Bahasa Indonesia
6
6
6
4
Matematika
5
5
5
5
Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4
6
Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4
7
Bahasa Inggris
4
4
4
8
Seni Budaya (Termasuk Mulok)
3
3
3
9
Pend. Jasmani, OR & Kesehatan (Termasuk Mulok)
3
3
3
10
Prakarya (Termasuk Mulok)
2
2
2

JUMLAH
38
38
38

Materi Muatan SMA
Struktur Kurikulum 2006
Kelas X
KOMPONEN
Alokasi Waktu
Semester I
Semester II
Mata Pelajaran


1. Pendidikan Agama
2
2
2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
3. Bahasa Indonesia
4
4
4. Bahasa Inggris
4
4
5. Matematika
4
4
6. Fisika
2
2
7. Biologi
2
2
8. Kimia
2
2
9. Sejarah
1
1
10. Geografi
1
1
11. Ekonomi
2
2
12. Sosiologi
2
2
13. Seni Budaya
2
2
14. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
15. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
16. Keterampilan / Bahasa Asing
2
2
B. Muata Lokal
2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
Jumlah
42
42

Kelas XI dan XII Program IPA


KOMPONEN
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
Mata Pelajaran




1. Pendidikan Agama
2
2
2
2
2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
3. Bahasa Indonesia
4
4
4
4
4. Bahasa Inggris
4
4
4
4
5. Matematika
4
4
4
4
6. Fisika
4
4
4
4
7. Biologi
4
4
4
4
8. Kimia
4
4
4
4
9. Sejarah
1
1
1
1
10. Seni Budaya
2
2
2
2
11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
12. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
13. Keterampilan / Bahasa Asing
2
2
2
2
B. Muata Lokal
2
2
2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)
Jumlah
39
39
39
39

Kelas XI dan XII Program IPS

KOMPONEN
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
Mata Pelajaran




1. Pendidikan Agama
2
2
2
2
2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
3. Bahasa Indonesia
4
4
4
4
4. Bahasa Inggris
4
4
4
4
5. Matematika
4
4
4
4
6. Geografi
3
3
3
3
7. Ekonomi
4
4
4
4
8. Sosiologi
3
3
3
3
9. Sejarah
3
3
3
3
10. Seni Budaya
2
2
2
2
11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
12. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
13. Keterampilan / Bahasa Asing
2
2
2
2
B. Muata Lokal
2
2
2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)
Jumlah
39
39
39
39

Kelas XI dan XII Program Bahasa

KOMPONEN
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
Mata Pelajaran




1. Pendidikan Agama
2
2
2
2
2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
3. Bahasa Indonesia
5
5
5
5
4. Bahasa Inggris
5
5
5
5
5. Matematika
3
3
3
3
6. Sastra Indonesia
4
4
4
4
7. Bahasa Asing
4
4
4
4
8. Antropologi
2
2
2
2
9. Sejarah
3
3
3
3
10. Seni Budaya
2
2
2
2
11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
12. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
13. Keterampilan / Bahasa Asing
2
2
2
2
B. Muata Lokal
2
2
2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)
Jumlah
39
39
39
39



Materi Muatan SMA
Struktur Kurikulum 2013

Mata Pelajaran

Alokasi Waktu Belajar
X
XI
XII
Kelompok A (Wajib)



1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
3
3
3
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
2
2
2
3. Bahasa Indonesia
4
4
4
4. Matematika
4
4
4
5. Sejarah Indonesia
2
2
2
6. Bahasa Inggris
2
2
2
Kelompok B (Wajib)



7. Seni Budaya (termasuk muata lokal)
2
2
2
8. Pendidikan Jasmani, OR dan Kesehatan (termasuk muata lokal)
3
3
3
9. Prakarya dan Kewirausahan (termasuk muata lokal)
2
2
2
Jumlah Kelompok A dan B perminggu
24
24
24
Kelompok C (peminatan)



Mata Pelajaran Peminatan Akademik (SMA/MA)
18
20
20
Jumlah Jam Pelajaran yang harus ditempuh perminggu



Keterangan:
*Muata Lokal dapat memuat Bahasa Daerah

Mata Pelajaran
Kelas
X
XI
XII
Kelompok A dan B (Wajib)
24
24
24
C. Kelompok Peminatan



Peminatan Matematika dan Sains



I
1
Matematika
3
4
4
2
Biologi
3
4
4
3
Fisika
3
4
4
4
Kimia
3
4
4
Peminatan Sosial



II
1
Geografi
3
4
4
2
Sejarah
3
4
4
3
Sosiologi & Antropologi
3
4
4
4
Ekonomi
3
4
4
Peminatan Bahasa



III
1
Bahasa dan Sastra Indonesia
3
4
4
2
Bahasa dan Sastra Inggris
3
4
4
3
Bahasa dan Sastra Asing Lainnya
3
4
4
4
Antropologi
3
4
4
Mata Pelajaran Pilihan dan Pendalaman




Pilihan Lintas Minat dan/atau Pendalaman Minat
6
4
4
Jumlah Jam Pelajaran yang Tersedia per minggu
66
76
76
Jumlah Jam Pelajaran yang harus Ditempuh
42
44
4

C.  Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum  2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013
1.      Kelebihan Kurikulum 2006 (KTSP)
v  Mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan
v  Mendorong para guru, kepala sekolah, dan pihak manajemen sekolah untuk semakin meningkatkan kreativitasnya dalam penyelenggaraan program-program pendidikan.
v  Guru sebagai fasilitator yang bertugas mengkondisikan lingkungan untuk memberikan kemudahan belajar siswa.

2.      Kekurangan Kurikulum 2006
v  Kurangnnya SDM yang diharapkan mampu menjabarkan KTSP pada kebanyakan satuan pendidikan yang ada. 
v  Minimnya kualitas guru dan sekolah.
v  Kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana pendukung sebagai kelengkapan dari pelaksanaan KTSP
v  Masih banyak guru yang belum memahami KTSP secara komprehensif baik kosepnya, penyusunannya,maupun prakteknya di lapangan
3.      Kelebihan Kurikulum 2013:
v  Mendorong siswa kreatif dan inovatif serga pendidikan karakter yang terintegrasi menjadi satu.
v  Guru juga dipacu kemampuannya melalui pelatihan-pelatihan dan pendidikan. calon guru untuk meningkatkan kecakapan profesionalisme secara terus menerus.
v  Dapat mengikuti dan menyesuaikan dengan perubahan faktor-faktor yang melandasinya, baik filosofis, psikologis, sosiologis, IPTEK dan faktor-faktor lainnya.
4.      Kekurangan Kurikulum 2013: 
 Pemerintah seolah melihat semua guru dan siswa memiliki kapasitas yang sama.
Tidak adanya keseimbangan antara orientasi proses pembelajaran dan hasil.
Kebosanan peserta didik terhadap aktivitas belajar yang semakin panjang.

Daftar  Pustaka
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. 2007. Ilmu & Aplikasi Pendidikan. Bandung: IMTIMA.
http://arismunandar0003.blogspot.com/2014/03/perbedaan-dan-persamaan-kurikulum-ktsp.html